Sun. Jan 20th, 2019

Ciri-Ciri akan Melahirkan yang Terjadi secara Umum

Menunggu waktu untuk melahirkan tentu memberikan rasa debar tersendiri. Anda perlu menjaga kesehatan agar dapat melahirkan secara normal. Lakukan persiapan dengan matang agar saat melahirkan tidak lagi merasa panik. Salah satunya dengan mengetahui ciri ciri akan melahirkan yang terjadi secara umum.

  1. Pergerakan Bayi

Ciri pertama yang akan terjadi yaitu Anda akan merasakan adanya pergerakan bayi ke arah bawah. Geraknya lebih rendak menuju ke bagian panggul. Anda akan mengetahui kondisi bayi dengan lebih jelas keamanannya ketika melakukan USG atau kontrol dengan dokter.

  1. Adanya Lendir

Saat waktu melahirkan semakin dekat, Anda akan mengalami ciri-ciri dengan adanya lendir yang di dekat leher rahim. Bagian serviks akan melunak dan melebar. Lendir akan terasa dengan jelas dan bahkan kadang bernoda merah seperti darah. Kondisi ini terjadi sebagai tanda persalinan sudah semakin dekat dan Anda harus bersiap-siap.

  1. Serviks Melebar

Ciri-ciri akan melahirkan juga dapat diketahui dengan kondisi serviks yang mulai melebar. Pelebaran ini akan semakin meningkat ketika sudah mengalami kontraksi sebagai tanda waktu melahirkan semakin dekat. Anda bisa merasakannya sendiri dan lebih akurat jika dilakukan pemeriksaan.

  1. Pecahnya Air Ketuban

Ciri-ciri umum yang biasa terjadi saat akan melahirkan adalah mengalami pecahnya air ketuban. Proses pecahnya air ketuban akan berlangsung setelah terjadinya kontraksi mau melahirkan. Biasanya terjadi di detik-detik mulainya persalinan.

Hanya saja jika saat terjadi pecahnya air ketuban Anda masih di rumah, maka secepatnya untuk bisa sampai di tempat persalinan terdekat. Tujuannya untuk menghindari berbagai risiko buruk yang dapat terjadi pada bayi. Pastikan Anda sampai tepat waktu jangan sampai terlambat.

  1. Nyeri Punggung

Semakin besar kehamilan maka akan mengalami nyeri punggung yang semakin sering. Ketika waktu melahirkan semakin dekat maka rasa nyeri punggung pun akan semakin sakit. Nyeri yang terjadi juga disebabkan karena pergerakan dari bayi yang sedang menuju jalan lahir

  1. Kontraksi Lebih Sering

Ciri-ciri mendekati waktu melahirkan Anda akan mengalami kontraksi yang lebih sering. Setiap terjadi kontraksi Anda akan merasa ada pergerakan pada bayi di dalam kandungan. Aturlah napas dengan baik agar kontraksi tidak terasa menyakitkan.

  1. Keputihan Disertai Rarah

Saat hamil Anda akan mengalami keputihan yang lebih dari biasanya. Ketika waktu melahirkan semakin dekat ada ciri-ciri yang terjadi yaitu keputihan yang disertai darah. Tidak harus merah, bisa juga berupa cokelatan seperti darah akhir menstruasi. Pada saat ini kondisi selaput lendir sudah mulai mengendur dan kondisi serviks juga mulai melebar atau terbuka.

Ciri-ciri akan melahirkan ini akan Anda rasakan saat memasuki waktu perkiraan lahir yang diprediksi oleh dokter. Tidak perlu merasa panik karena akan memperburuk kondisi bayi di dalam kandungan. Anda hanya perlu mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan agar bisa mendapatkan persalinan normal.