Tue. Dec 18th, 2018

Mengenal Lebih Dekat Jenis Batu Bata Untuk Bangunan

Jenis Batu Bata

Jenis Batu Bata – Batu bata adalah salah satunya bahan bangunan pembuat dinding. Produk batu bata yang seering digunakan adalah berbahan tanah liat dibakar hingga kemerah merahan. Bersamaan mengembangnya tehnologi, pemakaian batu bata makin lama makin alami penurunan. Timbulnya material-material baru seperti gypsum atau bambu yang sudah di proses, sekarang ini condong lebih diambil sebab mempunyai harga yang tambah murah serta dengan arsitektur ikut tampak lebih indah.

Akan tetapi, ada banyak juga orang yang lebih pilih batu bata dibanding dengan bahan yang lain. Batu bata nyatanya dapat dibuktikan lebih awet, kuat, murah, serta lebih gampang didapat. Diluar itu, bata merah ikut membuat ruang di rumah lebih sejuk, tembok tidak gampang retak, serta tahan api. Batu bata merah mempunyai warna yang eksotis serta berkesan alami hingga seringkali dipakai menjadi bata tempel untuk bikin dinding yang berkesan ‘industrial’.

Jenis Batu Bata

Jenis Batu Bata

1. Batu Bata Merah

Jelas batu bata merah ini adalah material bangunan yang begitu umum kita temui di Indonesia semenjak jaman dulu. Bata merah telah jadi bahan harus dalam bangun rumah. Tidak hanya telah teruji kekuatannya, batu bata merah ini juga gampang didapati di market.

Batu bata merah dibikin dari tanah yang diciptakan berupa balok persegi panjang serta dibakar dengan suhu tinggi hingga jadi betul-betul kering, mengeras serta mempunyai warna yang kemerah-merahan. Tanah yang dipakai juga bukan sembarang tanah, bahan penting membuatnya memakai tanah liat. Hingga dalam proses membuatnya, batu bata merah dari tanah liat ini dapat sama-sama menyatu waktu diciptakan.

Rumah yang dindingnya dibuat bermaterial batu bata merah akan berasa bertambah nyaman serta sejuk, sebab elemen didalamnya yang menyatu serta rapat. Tidak hanya rapat, batu bata merah ini pula bertahan lama serta kuat hingga jarang berlangsung keretakan dinding. Batu bata merah ikut tahan api, perihal ini memberi keamanan tambahan buat yang tinggal di rumah nanti.

Akan tetapi dari beberapa keunggulan diatas, ada juga kekurangan dari batu bata merah. Untuk menyambung batu bata merah keduanya, dibutuhkan bahan perekat yang cukuplah banyak. Akhirnya, cost dikeluarkan untuk perekatnya pasti banyak.

Diluar itu, susah untuk bikin pasangan batu bata yang rapi bila memakai batu bata merah. Contohnya pada dinding. Oleh karenanya, dibutuhkan plesteran yang cukuplah tebal untuk membuahkan dinding yang rata. Perihal ini ikut membuat proses pembuatan dinding jadi lebih lama. Tertarik ingin membeli batu bata merah ini? Anda bisa membelinya di www.infohargamaterial.com

2. Batu Bata Batako

Pada umumnya, batu bata batako terbuat dari kombinasi semen serta pasir kasar yang diciptakan atau dipres. Konstruksi bangunan yang seringkali memakai batu bata batako salah satunya ialah gudang, pagar, serta pos jagalah. Batu bata batako mempunyai ukuran yang relatif besar, jadikan pemasangannya lebih cepat dan mudah tuntas.

Berat yang lebih mudah dibanding dengan batu bata merah jadikan batako pas dipakai untuk bangunan yang mempunyai lebih dari dua lantai, seperti ruko. Batu bata batako ikut mempunyai rongga, hingga pemasangannya relatif bertambah cepat di banding memakai batu bata type lainnya.

Pemakaian batu bata batako ini pula pas dipakai untuk dinding sisi luar rumah sebab sifatnya yang kuat serta kedap air. Karakter batu bata batako yang kedap air pas membuat perlindungan rumah di lingkungan yang dikelilingi banyak air.

Di lain sisi, karakter ini juga yang jadikan batu bata batako kurang pas dipakai menjadi tembok rumah di daerah tropis seperti Indonesia. Mengapa? Bahan dari batu bata batako mempunyai karakter menaruh panas, bukan perihal yang tidak mungkin bila keadaan rumah jadi panas serta pengap. Batu bata batako ikut rawan pada keretakan serta bentrokan. Diluar itu, sebab gampang dilubangi, batu bata batako termasuk juga batu bata yang gampang pecah.

Sudah tahu kan Jenis Batu Bata? Sekian dulu semoga bermanfaat 🙂