Sun. Jan 20th, 2019

Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

Mengatasi Suara Burung Kenari Macet Bunyi

Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi – Ada banyak sekali masalah yang muncul dari burung kenari yang tidak bunyi sama sekali ? Nah, kenali beberapa masalah atau penyebab dari burung kenari itu yang macet bunyi atau tidak mau berkicau sedikit pun.

Burung kenari terkenal akan kegacorannya saat berkicau, dan juga kicaunya yang rata rata berdurasi panjang membuat burung ini banyak dipelihara baik rumahan ataupun untuk gantangan.

Di dunia ini ada banyak sekali jenis burung kenari, dan bagi anda yang belum tahu seperti apa kicau burung kenari yang super gacor dari setiap jenis, silahkan anda download suara kenari di internet.

Kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat mudah untuk dipelihara, harga jual dan harga belinya yang tergolong cukup terjangkau membuat burung ini menjadi alternatif favorit para  penggemar kicau untuk menambah koleksi burung kicau miliknya.

Namun, dalam proses pemeliharaan, tak jarang kita mendapatkan masalah burung yang macet bunyi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan burung kenari milik anda jadi malas untuk berkicau, dan mari kita pelajari terlebih dahulu penyebab penyebab burung kenari macet bunyi sebelum kita membahas cara mengatasinya.

Penyebab Burung Kenari Macet Bunyi

Ada 3 faktor yang sering menyebabkan burung kenari sering macet bunyi.

Berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Burung Kenari Memasuki Masa Mabung

Mabung adalah masa dimana seekor burung memasuki waktu berganti bulu.

Berganti bulu ini menandakan usia burung yang semakin tua, dan pada masa masa ini burung apapun itu akan macet bunyi dan sedikit sekali makan.

Selain itu pada masa ini, burung kicau akan cenderung pendiam dan jarang bergerak. Jadi bagi para penggemar kicau yang masih pemula jangan kaget jika pada masa ini burung kicau anda akan macet bunyi atau malas berkicau.

Ciri yang sangat mencolok pada masa ini adalah bulu dari burung akan rontok dan kusam. Tapi jangan takut, karena masa ini akan berakhir dan setelah itu burung kicau anda akan kembali berkicau setelah masa mabungnya selesai.

2. Burunug Kenari Memasuki Masa Birahi

Burung yang memasuki masa birahi cenderung pendiam dan macet bunyi.

Pada masa ini burung kenari akan berkicau hanya sedikit sekali dan ciri utamanya adalah burung akan glabakan tak jelas.

Nafsu makan burung yang berkurang juga menjadi salah satu ciri dari masa masa burung yang birahi.

3. Burung Kenari Stress Atau Sakit

Burung yang stress atau sakit pastinya akan susah untuk berkicau.

Dan ciri utama dari burung yang sakit atau stress adalah ditandai dengan gerak burung yang tidak lincah, nafsu makan yang berkurang drastis, bulu burung yang mulai kusam serta burung kicau cenderung sempoyongan ketika berdiri.

Banyak faktor yang menyebabkan burung kenari atau burung kicau lainnya stress atau sakit.

Seperti kualitas lingkungan yang terlalu berisik, terlalu lama dalam menjemur burung, pakan burung yang tidak terjamin, kurangnya asupan vitamin pada burung, dan kebersihan kurungan burung.

Faktor faktor tersebut yang menjadikan burung kita mudah sekali stress dan macet bunyi.

Untuk itu berikut ini cara mengatasi suara burung kenari macet bunyi dari 3 penyebab diatas.

Tips Mengatasi Suara Burung Kenari Macet Bunyi

Berikut ini cara mengatasi suara burung kenari macet bunyi dari 3 faktor di atas.

1. Saat Mabung

Pada masa ini anda jangan kuatir, karena proses ini adalah proses alamiah pada burung manapun.

Jadi, solusi terbaiknya adalah anda biarkan saja burung kicau anda sampai proses mabung selesai.

Proses ini hampir mirip seperti pada proses berganti kulit pada ular. Dia akan cenderung lemas dan kurang nafsu makannya.

Serta gerak yang kurang aktif menjadi salah satu ciri-cirinya.

2. Burung Minta Kawin [Birahi]

Cara terbaik mengatasi burung kenari macet bunyi pada masa ini adalah dengan mengkawinkannya dengan burung betina.

Namun jika anda tidak memiliki betina burung kenari, anda bisa menggunakan audio pikat atau audio burung kenari betina untuk meredakan atau mengurangi birahi dari pejantan.

Tujuannya adalah agar burung kembali berkicau lagi, dan untuk itu anda bisa mendownload audio burung betina kenari untuk mengatasi masalah ini.

3. Akibat Stress Atau Sakit

Dalam kasus ini maka coba kita instropeksi diri, apakah asupan asupan nutrisi pada burung sudah kita cukupi, ataukah kebersihan kurungan juga sudah kita jaga ?

Jika belum maka silahkan anda perbaiki sikap anda terhadap burung kicau.

Jika sudah terlanjur maka silahkan berikan asupan nutrisi dan juga obat obatan kepada burung kicau yang stress atau sakit supaya lekas sembuh dan mau untuk berkicau kembali.

Baik, itu tadi beberapa faktor penyebab suara burung kenari macet bunyi dan cara mengatasinya.

Semoga bisa bermanfaat dan membantu anda dalam proses penyembuhan atau terapi macet bunyi pada burung kenari milik anda.