Tue. Dec 18th, 2018

Proses Veneer Gigi

Proses Veneer Gigi

Dental veneer (kadang-kadang disebut veneer porselen atau laminasi porselen gigi) adalah wafer-tipis, cangkang yang dibuat khusus dari bahan berwarna gigi yang dirancang untuk menutupi permukaan gigi depan untuk memperbaiki penampilan Anda tentunya dengan menggunakan dental unit yang tersedia. Cangkang ini terikat pada bagian depan gigi yang mengubah warna, bentuk, ukuran, atau panjangnya.

Dental veneer dapat dibuat dari porselen atau dari bahan komposit resin. Veneer porselen menahan noda lebih baik daripada veneer resin dan lebih baik meniru cahaya yang memantulkan sifat gigi alami. Anda perlu mendiskusikan pilihan bahan veneer terbaik untuk Anda dengan dokter gigi Anda.

Apa Prosedur untuk Mendapatkan Dental Veneer?

Mendapatkan dental veneer biasanya membutuhkan tiga hal penting dari dokter gigi – satu untuk konsultasi dan dua untuk membuat dan menerapkan veneer. Satu gigi atau banyak gigi dapat secara bersamaan menjalani proses pelapisan yang dijelaskan di bawah ini.

1. Diagnosis dan perencanaan perawatan.

Langkah pertama ini melibatkan partisipasi aktif Anda. Jelaskan kepada dokter gigi Anda hasil yang ingin Anda capai. Selama penunjukan ini, dokter gigi Anda akan memeriksa gigi Anda untuk memastikan dental veneer sesuai untuk Anda dan mendiskusikan prosedur apa yang akan melibatkan dan beberapa keterbatasannya. Ia juga mungkin mengambil X-ray dan mungkin membuat kesan mulut dan gigi Anda.

2. Persiapan

Untuk menyiapkan gigi untuk veneer, dokter gigi Anda akan menghapus sekitar 1/2 milimeter email dari permukaan gigi, yang jumlahnya hampir sama dengan ketebalan veneer yang akan ditambahkan ke permukaan gigi. Sebelum memotong enamel, Anda dan dokter gigi Anda akan memutuskan perlunya anestesi lokal untuk mematikan area tersebut.

Selanjutnya, dokter gigi Anda akan membuat model atau kesan gigi Anda. Model ini dikirim ke laboratorium gigi, yang pada gilirannya membangun veneer Anda. Biasanya dibutuhkan 2-4 minggu bagi dokter gigi Anda untuk menerima veneer kembali dari laboratorium. Untuk gigi yang sangat sedap dipandang, veneer gigi sementara dapat ditempatkan.

3. Ikatan

Sebelum dental veneer disemen secara permanen ke gigi Anda, dokter gigi Anda akan menempatkannya di gigi Anda untuk memeriksa kecocokan dan warnanya. Dia akan berulang kali menghapus dan memangkas veneer sesuai kebutuhan untuk mencapai kecocokan yang tepat; warna veneer bisa disesuaikan dengan warna semen yang akan digunakan. Selanjutnya, untuk mempersiapkan gigi Anda untuk menerima veneer, gigi Anda akan dibersihkan, dipoles, dan dietsa – yang memperkeras gigi untuk memungkinkan proses ikatan yang kuat.

Semen khusus diterapkan pada veneer dan veneer kemudian ditempatkan pada gigi Anda. Setelah benar posisi pada gigi, dokter gigi Anda akan menerapkan sinar khusus ke veneer gigi, yang mengaktifkan bahan kimia di semen, menyebabkannya mengeras atau menyembuhkan sangat cepat. Langkah terakhir adalah membuang semua semen yang berlebih, mengevaluasi gigitan Anda dan membuat penyesuaian akhir apa pun di veneer seperlunya.

Perlu Anda ketahui bahwa dokter gigi Anda mungkin meminta Anda untuk kembali untuk kunjungan tindak lanjut dalam beberapa minggu untuk memeriksa bagaimana gusi Anda merespon kehadiran veneer Anda dan untuk sekali lagi memeriksa penempatan veneer.