Tue. Dec 18th, 2018

Wisata ke Victoria Peak, Gedung Tertinggi di Hong Kong

rental mobil di malang

Berdiri setinggi 552m, Victoria Peak adalah titik tertinggi di Pulau Hong Kong. Gedung ini juga merupakan salah satu tempat paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, dan tidak sulit untuk melihat alasannya. Pemandangan kota metropolitan, hutan yang hijau, jalan-jalan yang mudah namun spektakuler – semuanya dapat dicapai hanya dalam waktu delapan menit dari pusat kota oleh Tram Peak yang berusia 130 tahun yang menantang gravitasi di Hong Kong. Bisa ditebak, gedung ini menjadi tempat penghasil uang dengan restoran dan dua pusat perbelanjaan, tapi masih ada keajaiban di sini jika anda bisa berkesempatan untuk mengunjunginya.

Memang ada banyak penyedia jasa rental mobil di sekitar Victoria Peak, seperti halnya rental mobil di Malang Indonesia yang banyak bertebaran di Malang, tapi umumnya wisatawan di Hongkong akan menggunakan tram yang tersedia dibanding menggunakan mobil.

Terminal atas Peak Tram akan mendaratkan anda di Peak Tower. Naik ke Level 5 dan anda akan mencapai Sky Terrace 428, dinamakan demikian karena berdiri di 428 meter di atas permukaan laut. Dalam istilah Hong Kong, ini adalah bagian atas dunia dan anda akan disambut dengan panorama 360 derajat dari hutan pencakar langit Hong Kong, pelabuhan dan Kowloon di luar.

Jika anda tidak peduli tentang cerita titik tertinggi ini, ada baiknya anda mencari Lions View Point Pavilion – tempat yang jauh lebih menawan dengan pagoda dan gerbang Cina yang imut, dipenuhi patung singa. Di sinilah penduduk setempat yang lanjut usia datang untuk duduk dan menikmati pemandangan. Ini adalah hot spot yang bisa dicapai dengan dua menit berjalan kaki dari terminal atas trem.

Sekitar 500m ke barat laut dari terminal, mendaki ke Mt Austin Rd yang curam, adalah lokasi dari pondok musim panas gubernur. Pondok ini bernilai sejarah dan berumur tua yang pernah dibakar habis oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Taman-taman yang indah masih tetap membawa ciri masa lalu, namun juga telah diperbaharui dengan gazebo faux-Victoria, jam matahari, bangku dan pilar batu. Mereka terbuka untuk umum. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai di sini dan imbalan anda adalah bahwa tempat itu benar-benar damai. Pergilah menuju tempat ini dan anda akan menemukan titik pengamatan kedua dengan pemandangan pulau dan laut yang indah.

Untuk berjalan lebih jauh lagi, termasuk jalur pagi sejauh 3,5km, ambil peta dari Pusat Pengunjung Hong Kong di tram di samping Menara Puncak, atau unduh aplikasi Easy Hiking Hong Kong untuk membantu anda dalam berpetualang.